Implikasi/Implementasi Perkembangan Teknologi Komunikasi terhadap Peran dan Tugas PR

Posted: November 21, 2012 in Peran & Tugas PR

Public Relation pada saat ini sudah mulai berkembang penggunaannya. Penggunaan media demi tercapainya tujuan public relation untuk membentuk opini publik telah berkembang sesuai zaman. Media berkembang tidak hanya dapat digunakan secara searah namun juga media dapat melakukan komunikasi dua arah. PR memanfaatkan internet untuk menghubungkan bisnis atau individu dengan publik untuk meningkatkan  keingintahuan mereka terhadap hal-hal  up to  date, mengembangkan image dan kepercayaan, demi menghindari krisis komunikasi.

Manajemen krisis merupakan suatu aktifitas dalam suatu organisasi/ perusahaan yang sering diabaikan. Internet telah membuat penanganan krisis menjadi semakin buruk. Berkat era informasi dan begitu banyaknya model komunikasi, krisis dapat mengubah keadaan semula yang tidak tahu apa-apa menjadi memanfaatkan berbagai faktor dengan mengambil berbagai keputusan atau tindakan yang sangat cepat. Selama krisis, perusahaan dan para eksekutif dihadapkan pada posisi pengambilan keputusan kritis di bawah keadaan: tekanan yang begitu intens, tingkat stress yang tinggi, ketelitian dan kecermatan terhadap faktor lingkungan eksternal, tekanan waktu cukup dramatik, ketidak jelasan informasi.

Terdapat beberapa krisis yang berawal dari net dan kemudian menjadi subjek diskusi dan publikasi secara online. Hal yang paling penting adalah merencanakan apa yang harus dilakukan untuk menghadapi krisis. Dunia internet telah menjadi tempat bagi orang-orang untuk memperoleh informasi terbaru tentang krisis atau hal-hal yang tidak terduga. Bahkan, saat ini internet telah menjadi suatu sarana yang tidak dapat dilepaskan untuk mengekspresikan perasaan, pendapat dan sikap tentang berbagai berita yang penting untuk kita. Biasanya orang mengandalkan internet untuk mendapatkan informasi terkini, dengan membuka home page untuk mencari berita Home page adalah tempat pertama yang mewakili penglihatan publik sebagai respon informasi pada sebuah krisis. Mempunyai sebuah  template untuk homepage bearti bersiapsiap untuk singgah pada krisis yang berhubungan dengan informasi. Pendekatan home page tidak dibatasi, karena dapat dilakukan sesering mungkin, menempatkan kembali halaman depan yang ada (khususnya jika hal itu difokuskan pada pemasaran) supaya dapat menyelamatkan krisis tersebut.

Dalam hal ini kita dapat menyediakan sebuah link pada regular home page. Sehingga, semua yang datang mencari informasi khusus masih dapat menemukannya. Kita dapat menyediakan sebuah link yang mudah pada home page, di mana informasi tentang krisis digabungkan. Kuncinya, jangan membuat orang menggali informasi tersebut. Yakinkan hal itu memperjelas bahwa kita sedang menyelamatkan krisis dan informasi yang tersedia pada web-site.Sebaiknya kita memiliki alamat e-mail untuk publik guna saling berhubungan selama krisis. Dengan menyediakan akses online, kita dapat mengurangi telepon yang diterima perusahaan. Jika mempunyai e-mail ke home page, kita dapat mengundang pendapat, komentar, dan pernyataan publik. Jika kita melakukan demikian, bersiap-siaplah untuk menjawab e-mail yang diterima. Bahkan jika pengirim hanya mendapat jawaban auto-respons penerima dari informasi mengenai bagaimana e-mail itu digunakan. Auto-respons dapat juga dikirim ke mereka yang menanyakan pertanyaan sesuai dengan jawaban yang telah disiapkan.

Beberapa hal yang yang dapat dilakukan oleh praktisi PR melalui PR online adalah PR harus menyadari bahwa public dapat mengakses semua  Press Release atau News Release yang dikirimkan melalui internet atau server, dengan menggunakan kata-kata yang mudah dicari dan dipahami publik. Publik dapat mengakses Press Release dalam home page yang ada di Home Page perusahaan. PR dapat membuat mailing list dari publiknya. Mailing list adalah perangkat elektronik yang dapat menyebarkan Press Release kepada publiknya melaluui kotak e-mail.

Keuntungan dalam PR online adalah sebagai berikut. Dapat berkomunikasi secara langsung dengan public terutama dengan segmen pasar, dan hal ini tidak akan dapat dilakukan melalui media cetak. Pesan akan lebih cepat tersampaikan sehingga jika dihadapkan pada suatu krisis dapat diselesaikan secara langsung dengan menyampaikan suatu klarifikasi. Internet mempermudah PR mendapatkan feedback, atau timbal balik dari publik melalui interaksi langsung, yang tentu saja dapat merupakan metode yang sangat efisien. Public relation online dapat memberikan kesempatan bersaing yang sama besarnya kepada bisnis-bisnis online maupun bisnis berskala kecil dengan bisnis yang berskala besar. Bagi PR, internet dapat berfungsi sebagai iklan, media alat marketing, sarana penyebaran informasi dan promosi. Tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Internet dapat membuka kesempatan melakukan hubungan komunikasi dalam bidang pemasaran secara lngsung.

Cara melakukan PR online adalah dengan mempublikasikan secara offline maupun online. melakukan ‘PR online’ secara off line adalah melalui website, email ataupun blog yang tidak memungkinkan melakukan komunikasi dua arah dengan public secara online atau secara langsung. Sedangkan melakukan ‘PR online’ secara online adalah melalui twitter atau melalui facebook, yang memungkinkan untuk berkomunikasi dengan public secara online. meskipun pada saat ini sudah banyak blog yang bisa langsung terhubung dengan facebook ataupun twitter. Melakukan ‘PR online’ melalui website ataupun blog akan mempermudah meng-up date berita-berita terbaru yang ingin kita sampaikan kepada public secara detail dan lengkap.

Melalui media-media tersebut pertanyaan-pertanyaan public akan dapat dijelaskan agar dapat diketahui oleh publik secara keseluruhan. Dengan menyajikan informasi tersebut secara online, para investor dan anggota komunitas financial dapat mengakses fakta dan data dengan sendirinya, sehingga tidak membebani PR dengan pekerjaan itu. Untuk membuat Public Relation online diperlukan dasar-dasar agar suatu PR online memiliki suatu standar yang dapat digunakan sebagai acuan atau pedoman dasar pembuatannya. Jika kesemua dasar telah dipenuhi, barulah suatu PR online dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan atau penambahan kreativitas dalam PR online tersebut.

Hal-hal yang perlu  diperhatikan dalam membuat Public Relation Online adalah sebagai berikut. Kemampuan dalam penulisan dalam PR online. Ikut dalam komunitas publik yang dapat membantu pengembangan bisnis atau organisasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s