Ilmu Alamiah Dasar Di Universitas Padjajaran

Posted: December 6, 2012 in Uncategorized

Ilmu Alamiah dasar adalah salah satu matakuliah yang berada di Universitas Padajajaran, terutama saya di fakultas komunikasi S1 sudah mempelajarinya, dengan teknik dan sistem pembelajaran yang di berikan sangat baik oleh Pak Budi Irawan, Ia adalah salah satu dosen Ilmu Alamiah Dasar, sekaligus salah satu dosen dari MIPA di Unpad. Dari sekian banyak materi yang dib erikan, saya tertarik saat berjalan-jalan di hutan kecil yang berada di Unpad yang bernama Arboretum.

Saat itu saya senang sekali karena berkesempatan untuk masuk ke dalam Arboretum atau bisa disebut dengan hutan buatan, karena saya selalu masuk ke dalam hutan yang benar-benar hutan yang memang terlihat sudah tua, seperti hutan di sekitar pulau, contoh nya pulau samosir, dan pulau-pulau yang memiliki hutan-hutan yang memang tidak terlalu besar,  dan di daerah pegunugan pun terdapat hutan-hutan kecil dan besar.

Ekosistem di dalam hutan sangat beragam suasana yang dapat kita rasakan yang mungkin belum tentu kita dapatkan. Seperti Aboretum hutan buatan yang terdapat di Universitas Padjajaran, terdapat hutan buatan yang cukup menarik, terdapat banyak ragam jenis tumbuhan dan macam-macam hewan yang hidup yang dibiarkan hidup bebas di antara pohon-pohon rindang. Ada juga tanaman yang saya lihat di hutan buatan di dekat fakultas MIPA, saat memasuki terdapat tanda-tanda keterangan tentang bagaimana hutan itu di bentuk, apa saja yang ada di hutan buatan itu, dan apa saja yang terorganisir disana. Terdapat tanaman tumbuhan seperti majapahit adalah jenis tanaman yang berakar yang membutuhkan sinar matahari, lalu ada tumbuhan seperti gula aren, yang harus diproses terlebih dahulu baru bisa menjadi gula aren yang bisa digunakan untuk macam-macam jenis makanan.

Selanjutnya terdapat pohon pinang yang batang nya biasa kita potong lalu dipakai untuk lomba 17Agustus atau bisa di pakai dengan apa saja sesuai keperluan. Lalu ada tanaman bisbul atau menghasilkan buah bisbul yang mempuyai berbagai manfaat dan fungsi yang dapat kita rasakan. Terdapat juga tanaman suji, lalu ada tanaman rotan yang perlu diolah akan menghasilkan berbagai banyak fungsi seperti untuk sapu, untuk pembuatan tikar dan bisa di pakai sesuai keinginan. Ada juga tanaman huni, tanaman liar seperti lumut, ada juga hewan yang berkeliaran seperti laba-laba, semut, nyamuk, kodok dan masih banyak lagi hewan  yang berada terpelihara secara bebas di dalam Aboretum itu, mungkin karena masih terang disiang hari, jadi ada beberapa hewan tidak keluar, tetapi ada juga hewan yang tidak keluar karena saat observasi digabung menjadi 2 kelas sehingga kurang lebih ada 40 orang yang masuk dalam aboretum secara bersamaan. Tak lupa juga terdapat lubang-lubang biopori bentuknya seperti lubang kecil dalam tanah. Disana juga terdapat tanaman buah-buahan seperti kelapa, belimbing, manggis, dan lain-lain. Suasana hutan disaat datang kesana pun mungkin tidak begitu luas, karena beberapa bagian lahannya yang sudah di bentuk untuk pembuatan gedung kampus seperti bangunan Rektorat yang baru, lalu susunan hutannya memang cukup luas tetapi tidak terlalu besar. Lalu selanjutnya ada tanaman yang pada bagian dedaunannya jika kita tidak sengaja menyentuh bagian daunnya, dibagian daunya akan menutup atau menjadi sebuah lipatan, apalagi jika kita disentuh semua daun disekitarnya, akan terlihat daunnya menutup secara bersamaan, maka itu disebut tanaman Putri Malu. Saat melangkah lagi, saya juga menemukan kolam yang cukup luas, ternyata itu sisa dari pengambilan tanah untuk penelitian mahasiswa. Lalu ada juga seperti sisa bangunan yang masih berdiri tetapi hanya tembok yang sudah rapuh, mungkin juga itu adalah bangunan sisa dari sebelum adanya pembuatan Arboretum.

Jenis-jenis kategori hutan buatan di Universitas Padjajaran yang ada di jatinangor pun mewakili dari berbagai hutan yang sekian banyaknya hutan di negara Indonesia ini. Saat saya memasuki hutan buatan di Universitas Padjajaran itu, saya merasa masuk ke dalam dunia eksak, atau dunia IPA (ilmu Pengetahuan Alam), jika ditanya menyukai alam, pasti saya akan menjawab sangat suka dengan alam, tetapi jika mengarah pada penelitian saya akan sangat semangat karena saya lebih suka meneliti dibandingkan dengan terlalu banyak materi tetapi tidak bisa di pahami. Disamping itu juga saya berkesempatan di semester 1 ini untuk angkatan 2010 terdapat mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar, semoga akan tetap mengarah pada penelitian yang tidak mengarah pada penghitungan rumus sehingga mahasiswa yang belajar tentang IAD akan semakin bersemangat. (Doc.Charles. P. S.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s