Keragaman Bahasa Di Indonesia

Posted: December 6, 2012 in Uncategorized

Waktu itu kejadian nya adalah saat saya masih SD, lalu saya diajak kedua orang tua saya ke Yogyakarta, ke tempat asal dimana Ibu saya dilahirkan. Saat berkunjung kerumah sodara langsung memakai bahasa jawa, saya pun mulai terdiam, karena terdengar asing di telinga saya, tetapi lama-lama saya mengerti bahwa bahasa yang dipakai waktu itu ialah bahasa Jawa yang benar-benar bahasa yang sulit saya mengerti. Saya pun mulai belajar pelan-pelan bahasa Jawa, karena bahasa sehari-hari yang saya gunakan adalah bahasa Indonesia. Berkunjung lagi ke tempat sodaranya ibu saya yang masih sekitar Yogtakarta tepatnya di daerah Gabugan, lalu saya di tanyai dengan bahasa yang sulit saya terjemahi karena baru belajar dengan kata-kata yang sederhana. Lalu ibu saya menerjemahkannya, disana saya dan sodara-sodara Ibu saya tertawa bersama, karena melihat saya yang tidak mengerti bahasa Jawa dengan baik.

Kejadian yang sama saat saya pergi ke Sumatra Utara, tepat nya di kota medan, saya berkunjung ke tempat sodara Ayah saya sambil tujuan rekreasi di saat liburan panjang. Mereka yang ada di sana pun memakai bahasa batak yang kental, tak terkecuali anak-anak yang di sana juga ternyata bahasa batak yang meraka pergunakan adalah bahasa sehari-hari. Saat saya ditanya memakai bahasa batak, saya sedikit mengerti tetapi saya menjawab dengan bahasa Indonesia, karena bahasa kita berbeda, otomatis mereka pun tertawa karena melihat saya tidak mengerti bahasa batak dengan benar. Saya juga ikut tertawa karena bahasa yang mereka pakai sangatlah tidak asing ditelinga saya. Dihari berikutnya saya berjalan-jalan ke Pulau Samosir, pulau dimana tempat asal Ayah saya dilahirkan, disana saya juga memandangi pemandangan alam yang indah. Disana juga memakai bahasa batak, lalu saya ditanya oleh salah satu sodara Ayah saya, lagi-lagi saya tidak mengerti, saya hanya bisa menjawab dengan bahasa Indonesia.

Leave a Reply

