Sistem Komunikasi Interpersonal

Posted: December 6, 2012 in Uncategorized

Dalam Bab 4 buku Psikologi Komunikasi oleh Drs. Jalaludin Rahmat, M.Sc mengemukakan bahwa proses subjekstif yang secara aktif menafsirkan stimuli, disebut Fritz Heidder sebagai construktive proces. Proses ini meliputi faktor biologis dan sosiopsikologis individu pelaku persepsi. Pengaruh faktor-faktor sosial seperti pengaruh interpersonal, nilai-nilai kultural dan harapan-harapan yang dipelajari secara sosial pada persepsi individu, bukan saja terhadap objek-objek mati, tetapi juga pada objek-objek sosial. Contohnya adalah seperti video yang berjudul “Pikiran Manusia Dan Cara Pemikirannya”. Memisahkan tiap orang dari muka yang berbeda, dan terutama dari sifat yang berbeda. Bayangkan jika seseorang itu mukanya sama seperti kita daan sifatnya sama atau menyerupai kita, itu adalah hal yang rumit, tetapi kita beruntung karena manusia diciptakan tidak serupa semua, walaupun kembar tetapi masih ada perbedaan dari sifat. Lalu dalam video tersebut memberi contoh bahwa bayi akan melihat pertama kali yaitu ibunya, karena bayi pasti yang pertama yang akan di lihat dan di ingat adalah ibunya yang menggendongnya. Bayi itu juga akan terus mengingat apa yang dia lihat, seperti orang-orang yang baru Ia lihat, hewan dan lain-lain yang akan masuk dalam memori ingatannya.

Deskripsi verbal adalah persepsi bagaimana seseorang dilihat dari cara dia berkata-kata, sifatnya, itu adalah penjelasan verbal yang dikemukakan oleh Solomon E. Asch. Yaitu seperti Petunjuk Proksemik adalah bagaimana seseorang berkomunikasi dengan mengatur jarak atau ruang yang, seperti dalam video yaitu beberapa orang di klub bar akan mengatur kedekatan jarak berbicara karena sudah mengenal satu sama lainya. Lanjut ke Penunjuk Kinesik yaitu menjelaskan pesan sikap badan / nonverbal yang menunjukan gerak-gerik badan yang di persepsi oleh kita, sehingga kita bisa menebak atau mengerti arti dari pesan non verbal yang ingin disampaikan kepada kita. Lanjut ke Petunjuk Wajah yaitu artinya adalah bagaimana seseorang bisa melihat pesan dari bentuk wajah yang dapat berubah-ubah, yang sekilas dapat kita praktekan dalam kehidupan sehari-hari, contohnya dalam video, seorang wanita membeli bunga lalu bertemu dengan temannya, wanita itu lalu tersenyum dengan tidak iklas, atau secara tidak langsung wanita tersebut memang tersenyum tetapi senyuman yang palsu atau hanya berpura-pura terlihat dari kerutan di lesung pipinya dan kerutan matanya. Lanjut ke Petunjuk Paralinguistik adalah bagaimana orang-orang mengucapkan lambang-lambang verbal. Seperti suara keras akan dipersepsi marah atau menunjukan hal yang sangat penting. Tempo bicara yang lambat, ragu-ragu, dan tersendat-sendat, akan dipahami sebagai ungkapan rendah hati atau kebodohan.

Konsep diri menurut William D. Brooks menjelaskan bahwa konsep diri yaitu pandangan dan perasaan kita tentang diri kita. Persepsi tentang diri ini boleh bersifat psikologi, sosial, dan fisis. Contohnya adalah mengikuti gerakan dengan karateristik yamg berbeda, yaitu bagaimana kita memahami diri kita sendiri, mulai dari bertanya-tanya terhadap diri kita sendiri lalu dengan memahami sifat asli yang kita dapatkan dari lingkungan yang kita tinggali.

Atraksi Interpersonal bagaimana kita saat berkomunikasi saat ketertarikan terhadap seseorang lalu kecenderungan kesukaan terhadap orang lain akan makin besar rasa ingin berkomunikasi dengan mereka. Terdiri dari faktor-faktor personal yang mempengaruhi Atraksi Interpersonal, yaitu salah satu nya adalah kesamaan karateristik pesonal, tekanan emosional, harga diri yang rendah, isolasi sosial. Contohnya adalah saat peneliti melakukan penelitian yaitu secara karateristik personal semua sama dengan sikap yang tegang dan mimik muka yang hampir sama, tetapi para peneliti harus memilih seseorang yang baik tetapi di balik muka dan karaterisktik yang hampir menyerupai sama itu. Lalu tekana emosional atau stres yang dialami seseorang tingkat stresnya berbeda-beda, karena permasalahan yang dihadapi oleh manusia terkadang berbeda dan ada juga yang sama, tetapi walaupun sama, mereka yang stres memiliki cara untuk berekspresi dari sifat-sifat yang dimiliki setiap manusia yang berbeda-beda. Adannya faktor-faktor situasional yang mempengaruhi atraksi interpersonal yaitu daya tarik fisik, ganjaran, familiarity, kedekatan, kemampuan. Contohnya dalam video adalah saat di klub seorang pria mendekati wanita yang kesepian menyendiri lalu didekati oleh sang pria, itu karena ketertarikan dimana wajah yang cantik dan penampilan yang memikat para pria.

Selanjutnya pengaruh atraksi interpersonal pada komunikasi interpersonal yaitu terdiri dari penafsiran pesan dan penilaian, efektivitas komunikasi. Contohnya di dalam video tersebut adalah penafsiran pesan dari saat kita membaca pikiran dengan neoron cermin yang ada di otak kita yang bisa kita gunakan untuk mengetahui hasil dari perspesi yang kita pikirkan dari melihat seseorang yang kita amati.

Hubungan Interpersonal adalah bagaimana cara kita berkomunikasi dengan adanya hubungan interpersonal agar saat melakukan komunikasi memiliki hubungan yang atau kedekatan dalam bertanya dan menjawab, biasanya kebanyan seseorang bila bertanya sedikit canggung atau malu tetapi jika kita mempunyai hubungan dengan seseorang, kita akan berkomunikasi dengan lebih baik lagi.

Di dalam hubungan interpersonal adanya teori-teori hubungan interpersonal yaitu model pertukaran sosial, ganjaran, biaya, hasil atau laba, tingkat perbandingan, model peranan, model permainan dan model interaksional. Lalu yang terakhir tahap-tahap hubungan interpersonal yaitu terdiri dari pembentukan hubungan interpersonal, peneguhan interpersonal, konfirmasi, diskonfirmasi, suportif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s