Teori Komunikasi dari Porter & Samover

Posted: December 6, 2012 in Teori Komunikasi

Setiap budaya pasti saling memberikan pengaruh budayanya terhadap individu-individu dan bagaimana penyandian kembali lagi dan penerimaan pesan di tiap budaya, terlihat saling memberikan respon penyandian balik komunikan terhadap komunikator, yang menggambarkan 3 budaya yang berbeda, lalu dengan bentuk geometric yang berbeda.

Antara budaya A dan budaya B mempunyai kesamaan budaya yang masing-masing di tandai dengan ciri-ciri yang hampir sama. Tetapi budaya A dan B sangat jauh bila di bandingkan dengan budaya C, karena ciri-ciri budaya C memiliki karateristik yang berbeda.

Artinya adalah beberapa tiap-tiap individu akan terbentuk berkomunikasi dari budaya asalnya. Didalam budaya tersebut juga sama-sama mempengaruhi tiap individu dengan cara yang sedikit sama tetapi tetap berbeda cara penyampaiannya. Itu karena menunjukan 2 hal yaitu. Pertama, adanya pengaruh dari budaya lain yang masuk kedalam proses komunikasi budaya tersebut. Kedua, budaya memang mempunyai kekuatannya yang berbeda untuk mempengaruhi tiap individu, karena tiap orang di suatu budaya pun mempunyai sifat yang berbeda.

Contohnya tiap budaya pasti akan mengirimkan pesan-pesan yang penyandiannya akan diberikan sesuai dengan penyandian dari asal budaya. Terjadilah pengiriman pesan dari tiap budaya, pesan tersebut berisi tentang makna yang dikehendaki oleh penyandi (encoder). Saat pesan budaya A disampaikan kepada budaya B dengan cara yang sama tetapi saat penyandian balik terjadi perubahan yang berbeda itu karena pengaruh dari budaya B sebagai (decoder) yang telah menjadi bagian dari pesan.Maka dari itu pesan yang asli dari budaya A akan berubah saat diterima dan penyadian balik oleh budaya B dalam komunikasi antar budaya, oleh karena sifat dan perilaku komunikatif yang dimiliki oleh decoder tidak menganudng makna budaya yang sama terhadap encoder.

Dalam teori Poter & Samover ingin memberitahu bahwa terdapat banyak warna dan bentuk yang sangat banyak didalam komunikasi antarbudaya. Komunikasi antarbudaya terjadi dalam banyak ragam situasi dari interaksi-interaksi antara individu-individu yang berbeda secara ekstrem sehingga interaksi-interaksi yang mempunyai budaya dominan yang sama tetapi mempunyai tata cara/kebiasaan (subkultur) dan suku-suku/adat istiadat (subkelompok) yang berbeda.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s